Website Resmi SMK Assa'adah Bungah Gresik

Belajar dan Berwirausaha

Era Melenial saat ini dimana perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, dengan penggunaan teknologi smart phone yang sangat mudah untuk diakses baik kalangan orang dewasa maupun remaja, menjadikan segala sesuatunya menjadi mudah dan cepat, tak terlepas juga berwirausaha sudah mulai berpindah cara dari offline ke online menggunakan online shop ataupun media sosial, yang memungkinkan siapa saja dan dimana saja dapat berbisnis dan menjual produknya.

Unit produksi adalah aktivitas usaha sekolah terkait langsung atau tidak terhadap program pendidikan dan latihan (Diklat), dalam upaya mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki agar memberikan nilai tambah yang lebih besar untuk mendukung pelaksanaan program sekolah.

Unit Produksi Sekolah Menengah Kejuruan (UP-SMK) adalah suatu proses kegiatan usaha yang dilakukan sekolah/madrasah dan lingkungan dalam bentuk unit usaha secara berkesinambungan, bersifat akademis dan bisnis dengan memberdayakan warga sekolah/madrasah dan lingkungan dalam bentuk unit usaha produk/jasa yang dikelola secara profesional (Bambang Sartono, 2006).
Unit Usaha yang ada di kembangkan di SMK Assa’adah sangat beragam tergantung jurusan dan kebutuhan terkini, antaran lain :
1. Teknik Pemesinan = Produk Hasil CNC (Sovenir Acrylic, Baut, Gear, dll)
2. Teknik Kendaraan Ringan = Jasa Reparasi Motor dan Mobil dan Pengelasan
3. Teknologi Laboratorium Medik = Jasa CeckUp Darah dan Produk Ekstrak Herbal
4. Perbankan = Bank Mini BSA
5. Multimedia = Cetak Banner, Jasa Foto dan Shoting dan lan-lain
6. Program SMK mini = Produk Songkok

Unit usaha ini tentunya melibatkan siswa dalam pengoperasiannya, dengan harapan melatih siswa selain belajar secara teori siswa diajarkan langsung berwirausaha mulai dari produksi, pemasaran dan Pengemasan dan pengolaan keuangan. Program ini merupakan implementasi dari materi pembajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK).

Share this 

Facebook 0
WhatsApp
Twitter
Google+ 0
Email

Tinggalkan komentar